Pelaksanaan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) STIE Pembangunan Tanjungpinang

Dalam rangka acara MILAD STIE Pembangunan Tanjungpinang yang ke 26 pihak kampus mengadakan pelaksanaan pemilihan mahasiswa berprestasi antar mahasiswa (PILMAPRES) STIE Pembangunan Tanjungpinang. Untuk mengikuti lomba tersebut terdapat beberapa tahapan yang harus dilalui oleh para peserta.

Pertama dengan melakukan pendaftaran yang dimulai pada tanggal 01 Januari 2024 s/d 26 Januari 2024, selanjutnya pengumpulan video & gagasan kreatif pada tanggal 05 Januari 2024 s/d 25 Januari 2024, kemudian masuk pada babak penyisihan & pengumuman pada tanggal 31 Januari 2024 s/d 01 Februari 2024, dilanjutkan dengan technical meeting the finals pada tanggal 02 Februari 2024. Dan babak final pada tanggal 03 Februari 2024.


Adapun tema yang telah ditentukan oleh pihak kampus sebagai penyelenggara yaitu “Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia”. Para peserta yang telah mengikuti kompetisi diberikan kebebasan dalam menyampaikan pendapat serta aspirasi nya melalui presentasi menggunakan power point yang telah disiapkan sebelumnya oleh para peserta, dengan membahas permasalahan maupun solusi terkait topik yang dijadikan sebagai pembahasan utama dari para peserta dan nantinya akan di sampaikan kepada penonton dan dewan juri yang terlibat didalam acara ini.
Terdapat beberapa tema yang telah disiapkan oleh para peserta pilmapres untuk dijadikan topik pembahasan utama, diantaranya yaitu:
1.“Sinergitas Antara Pemerintah dan Masyarakat Guna Mengurangi Tenaga Pekerja di Bawah Umur Demi Menciptakan Masa Depan Gemilang”
2.Kejar Naga (Kelompok Belajar dan Berniaga)”
3.Peningkatan Efektivitas Dalam Mewujudkan Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi Pada UMKM Tanjungpinang (Tujuan Ke-8 Sustainable Development Goals)”


Setelah para peserta melakukan presentasi terkait topik yang dibahas, maka selanjutnya dewan juri akan mengajukan beberapa pertanyaan kepada para peserta yang akan dijawab langsung oleh peserta itu sendiri. Pertanyaan yang diajukan sangat bervariasi berdasarkan dengan topik yang dibahas oleh masing-masing peserta. Adapun yang berperan sebagai dewan juri dalam acara ini ialah dosen dari STIE Pembangunan Tanjungpinang itu sendiri:
1.Bapak Satriadi, S.AP., M.Sc.
2.Bapak Muhammad Isa Alamsyahbana, SE., M.Ak., CPFRA
3.Ibu Raja Yulianita Sarazwati, S.E., M.Sc.


Dengan adanya sesi tanya jawab tersebut, maka akan lebih memudahkan dewan juri dalam melakukan penilaian terhadap presentasi yang telah dilakukan oleh para peserta, baik itu dari segi kemampuan para peserta dalam mempresentasikan topik yang dibahas dengan tutur kata yang sopan, baik dan mudah dipahami, kesiapan dalam mempersiapkan alat bantu presentasi, menganalisis para audiens, serta kemampuan para peserta dalam memahami sejauh mana penguasaan topik yang dipresentasikan.


Dengan demikian hasil akhir yang didapat adalah dewan juri telah menentukan 3 peserta sebagai pemenang dalam lomba pemilihan mahasiswa beprestasi yaitu Julianti Sari Siregar menjadi juara pertama, diikuti oleh Raja Virgandi Gustri sebagai juara kedua, dan Surya Violita Arifin sebagai juara ketiga. Ketiga kandidat inilah yang dinobatkan sebagai pemenang pemilihan mahasiswa berprestasi antar mahasiswa STIE Pembangunan Tanjungpinang.

Para pemenang diberikan hadiah berupa uang tunai sebesar Rp 750.000,00 untuk juara pertama, Rp 500.000,00 untuk juara kedua, dan Rp 450.000,00 untuk juara ketiga selain itu para pemenang juga mendapatkan id card mapres gratis

Pemilihan mahasiswa berprestasi sangat penting dalam membentuk prestasi akademik dan kepemimpinan di perguruan tinggi karena mereka menjadi contoh inspiratif bagi sesama mahasiswa, mendorong kompetisi sehat, serta memberikan kontribusi positif dalam pengembangan institusi secara keseluruhan.


Pemilihan mahasiswa berprestasi dapat menciptakan lingkungan akademik yang stimulatif dan mendukung pengembangan potensi mahasiswa. Proses ini tidak hanya memfokuskan pada pencapaian akademik semata, tetapi juga pada aspek sosial, kreativitas, dan kepemimpinan. Oleh karena itu, pemilihan ini melibatkan kriteria-kriteria yang holistik guna memberikan penghargaan kepada mahasiswa yang memiliki kontribusi signifikan di berbagai bidang.


Kriteria utama dalam pemilihan mahasiswa berprestasi mencakup pencapaian akademik yang tinggi, partisipasi aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler, kontribusi dalam proyek penelitian atau pengembangan, serta kemampuan kepemimpinan yang terbukti. Dengan merinci aspekaspek ini, pemilihan tersebut tidak hanya mempertimbangkan kecerdasan intelektual, tetapi juga kemampuan adaptasi, kreativitas, dan kemauan untuk berkontribusi secara positif terhadap komunitas kampus.

Generasi muda adalah harapan bangsa. Tentunya harus memiliki semangat, kecerdasan, dan jiwa kepemimpinan yang besar. Pemilihan mahasiswa berprestasi adalah salah satu wadah yang tepat untuk menyalurkan kemampuan para generasi muda. Dengan mengikuti pemilihan ini, para generasi muda dapat menunjukkan prestasi akademis dan non akademis yang telah diraih. Selain itu, dapat juga berbagi pengalaman dan memotivasi teman-teman untuk berprestasi. Melalui pemilihan ini, para generasi muda dapat menjadi teladan dan membawa nama baik kampus.

Bagikan: